System

Cara Mengatasi Black Screen Windows 10

"Cara Mengatasi Black Screen Windows 10, Sesuaikan Dengan Penyebab Black Screen Pada Windows, cobalah mengupdate drive GPU laptop anda dan di instal;"

2 min read

Cara Mengatasi Black Screen Windows 10

Halo teman teman pada kesempatan ini saya akan memberikan 7 langkah dan cara mengatasi Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 langsung saja tidak usah  menunggu lagi, berikut caranya:

Windows 10  Blackscreen


Cara Pertama


Cara pertama ini termasuk cara yang paling mudah dan simple, dengan cara lakukan untuk dapat mengatasi Black Screen pada Laptop sahabat . Yaitu dengan mengakses Task Manager.



Langkah 1 :

Pada Langkah pertama, sahabat harus mengakses atau membuka Task Manager terlebih dahulu. Memang layar laptop secara keseluruhan menjadi hitam dan kursor bisa digerakan, oleh karena itu untuk mengakses Task Manager sahabat dapat mengaksesnya melalui Tombol di keyboard.

Tekan Tombol ctrl + alt + delete pada keyboard secara bersamaan. Selanjutnya akan muncul 4 pilihan utama, yaitu : Lock, Switch User, Sign Out dan Task Manager. Maka Sahabat Harus memilih Task Manager. Saat mengklik Task Manager



Langkah 2 :

Setelah berhasil masuk ke dalam Task manager, selanjutnya Sahabat harus klik ke bagian menu File, yang dilingkari warna coklat pada gambar dibawah. Dan selanjutnya klik pada Run New Task



Langkah 3 :

Setelah Sahabat menekan Run New Task, selanjutnya akan muncul kotak dialog Run New Task seperti pada gambar dibawah. Maka, ketikan perintah C:\windows\explorer.exe di dalam kolom open yang ada di kotak dialog seperti pada gambar dibawah. Kemudian klik OK, atau tekan enter pada keyboard sahabat.

*jangan sampai salah memasukan perintah untuk bagian ini, karena jika salah tidak akan ada proses yang diberikan/akan eror. Atau bisa jadi malah proses lain yang akan dijalankan.



Langkah 4 :

Setelah mengklik OK atau menekan Enter, maka akan ada loading yang berjalan dan tampilan layar laptop sahabat akan menjadi normal seperti biasanya.

Gampangkan?…. Tetapi jika malah muncul kotak dialog dan tulisan eror, maka sahabat harus melanjutkan ke langkah 5.



Langkah 5 :

Pada langkah ini, sebenarnya kita akan kembali ke langkah no 3. Setelah kotak dialog Run New Task terbuka. Bedanya, kita akan memilih browse dan mencari folder explorer pada data c kita.



Langkah 6 :

Setelah memilih browse, maka akan terbuka kotak dialog untuk memilih task apa yang akan dijalankan. Maka untuk memudahkan mencari explorer, sahabat dapat memilih data c, lalu memilih windows, kemudian pilih explorer. Lalu pilih open.



Langkah 7 :

Setelah itu, sahabat akan dibawah kembali pada kotak dialog maka pilih/klik saja OK atau tekan enter pada keyboard.

Setelah itu tampilan layar laptop sahabat akan menjadi normal kembali, dan black screen pun dapat teratasi.



Cara 2 : Sesuaikan Dengan Penyebab Black Screen Pada Windows

Jika sahabat sudah mencoba cara di atas tetapi laptop tetap saja masih mengalami black screen, maka sahabat perlu mencari Tahu penyebab black screen. Jika penyebab utamanya karena drive GPU yang sudah lama tidak di update, maka cobalah mengupdate drive GPU laptop anda dan di instal melalui safe mode.

Jika penyebabnya karena terjadinya kerusakan program start up windows, maka jalan keluarnya windows yang dimiliki harus di recovery melalui save mode, ataupun sahabat bisa instal ulang laptop dengan windows versi lain. Tapi ingat jangan pake yang bajakan yah… hehe..

Demikianlah artikel kita kali ini mengenai Cara Mengatasi Black Screen Windows 10, semoga artikel ini dapat membantu sahabat yah… Bagi yang berhasil dan sukses dengan cara ini jangan lupa untuk share artikel ini yah, ahar makin banyak rekan kita yang tertolong dari pedihnya black screen Windows , cek artikel tutorial komputer dan laptop lainnya.