System

Apa itu BIOS fungsinya pada computer

"BIOS dan fungsinya pada computer ? Hal ini perlu diketahui, Fungsi BIOS Pada Komputer,Komponen – Komponen Pada BIOS,1) Program BIOS Setup.2) Driver"

3 min read

Apa itu BIOS dan fungsinya pada computer ? Hal ini perlu diketahui !!


BIOS mempunyai singkatan yaitu Basic Input / Output System adalah suatu program yang dibuat dengan Bahasa assembly, yang bekerja untuk mengatur fungsi perangakat keras/hardware yang terdapat pada computer. Beda lagi dengan sistem operasi yang berada pada harddisk, BIOS umumnya terletak pada chip memori flash atau ROM yang terbuat dari bahan Complementary Metal-Oxide Semiconductor atau yang biasa disebut dengan CMOS.





Biasanya orang – orang menyebut baterai yang menempel pada motherboard dengan sebutan baterai CMOS. Baterai iniliah yang berperan untuk menyimpan settingan tanggal dan settingan lainnya pada computer agar tidak hilang walaupun computer telah dimatikan, maka dari itu jika baterai CMOS ini dilepas maka settingan pada computer akan hilang seketika.

BIOS memiliki beberapa tugas penting seperti memuat sistem operasi atau yang biasa disebut dengan istilah booting.

BIOS juga bertugas menyediakan intruksi pada mikroprosessor untuk menyalakan komputer.

Salah satu intruksi yang diperintahkan oleh BIOS pada mikroprosesor adalah Power On Self Test (POST) yang berfungsi untuk menguji status pengoperasian semua hardware pada komputer.

Intruksi lain yang diberikan kepada mikroprosesor adalah melakukan aktivasi chip BIOS yang terdapat pada beberapa komponen lain pada komputer seperti SCSI dan kartu grafis, memeriksa dan mengelola peripheral komputer melalui rutinitas tingkat rendah selama proses startup berlangsung.

Selain itu, hal lain yang dilakukan oleh mikroprosesor adalah manajemen clock, hard disk dan pengaturan lainnya.



Fungsi BIOS Pada Komputer


Salah satu tugas utama pada BIOS yaitu mengatur tahap awal proses startup sekaligus memastikan bahwa sistem operasi benar-benar telah dimuat ke dalam memory. Selain itu, BIOS berfungsi melakukan hal-hal berikut ini :


1. Menjalankan Power On Self Test (POST)


Salah satu langkah yang harus kita lakukan sebelum menginstal operasi system pada computer adalah mengecek bebereapa perangkat yang terdapat pada computer. Selain itu, BIOS juga dapat memberitahu atau menginformasikan mengenai sepesifikasi perangkat keras yang terdapat pada motherboard.



2. Mengatur Konfigurasi Dasar pada Komputer

Umumnya, BIOS mengatur konfigurasi terhadap perangkat lain berdasarkan fungsinya masing-masing.
Pengaturan konfigurasi ini biasanya dimanfaatkan oleh beberapa orang terutama gamer untuk meningkatkan kinerja/ performa suatu komputer atau yang sering disebut dengan overclocking.



3. Memberikan Informasi Dasar Pada Komputer

Selain menjalankan perintah POST dan mengatur konfigurasi dasar pada komputer, BIOS juga bertugas memberikan informasi dasar mengenai bagaimana interaksi tiap-tiap perangkat penting yang terdapat pada komputer seperti drive dan memory yang nantinya bertugas memuat sistem operasi.



Komponen – Komponen Pada BIOS

Agar BIOS dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka dibutuhkan beberapa komponen pendunkung supaya BIOS bisa bekerja lebih Optimal. sebagai berikut :


1) Program BIOS Setup


Program ini berfungsi untuk mengubah konfigurasi komputer seperti tipe hard disk, disk drive, manajemen daya, kinerja komputer, dan lain-lain sesuai keinginan user.

Umumnya BIOS menyembunyikan detail-detail perangkat yang bisa dibilang cukup rumit, jadi perlu sedikit keahlian jika kita ingin mengetahui lebih dalam mengenai detail-detail perangkat tersebut.



2) Driver

Fungsi dari driver ini ditujukan untuk perangkat-perangkat keras komputer seperti VGA, input device, processor dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16 bit yang merupakan keluarga dari DOS



3) .Program Bootstraper Utama

Program inilah yang berperan dalam proses booting ke dalam sistem operasi yang telah kita install sebelumnya.